Verified

Update 24/2 Kecelakaan S. Jeneberang 22 Feb 15: 20 Selamat; 22 ORANG SELAMAT DAN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA; OpSAR Ditutup

Lokasi     : malengkeri-teang
Tanggal     : Feb 24 2015
Jam     : 16:18 | WIB

Detail Informasi
Update 24/2 Kecelakaan S. Jeneberang 22 Feb 15: 20 Selamat; 22 ORANG SELAMAT DAN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA; OpSAR Ditutup

BASARNAS:
PERAHU PENYEBRANGAN TENGGELAM DI SUNGAI JENEBERANG, 22 ORANG SELAMAT DAN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

MAKASSAR - Perahu penyeberangan tenggelam di Sungai Jeneberang (koordinat 05 11 31,91 S – 119 26 20,84 E), Kabupaten Gowa, Minggu (22/2) pukul 19.40 WITA. Perahu bertolak dari Sungai Jeneberang hendak menuju daerah Taeng. Diperoleh keterangan dari korban selamat bahwa perahu tenggelam karena mengalami kebocoran. Kantor SAR Makassar memperoleh laporan musibah dari Tagana Kabupaten Gowa. Informasi awal menyebutkan bahwa jumlah penumpang sebanyak 30 orang. Jumlah penumpang tersebut sempat simpang siur, namun setelah dilakukan kornfirmasi dan pengecekan kepada pihak keluarga diketahui total penumpang yang berada di perahu nahas itu berjumlah 25 orang.
Tim rescue Kantor SAR Makassar bersama dengan tim SAR gabunga telah melakukan operasi SAR selama 3 hari. Pencarian hari pertama dimulai sejak Minggu malam hingga dini hari. Tim dibagi menjadi 2 (dua) SRU, yakni SRU I melakukan pencarian dengan penyelaman di sekitar lokasi musibah menggunakan 3 (tiga) unit rubber boat, SRU II melakukan penyisiran disekitar lokasi musibah dengan menggunakan 2 (dua) unit rubber boat. Tim SAR gabungan berhasil menemukan 10 orang korban dalam keadaan selamat dan 2 orang korban dalam keadaan meninggal dunia, atas nama Nur Inayah (5), M. Fadli (3). Seluruh korban yang berhasil ditemukan segera dievakuasi ke RS Syech Yusuf, Kab. Gowa.

Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian Senin (23/2) sekitar pukul 07.00 WITA. Sebanyak 12 orang rescuer dari Kantor SAR Makassar telah dikerahkan untuk melakukan pencarian korban, sementara itu unsur SAR yang terlibat sekitar 101 orang, diantaranya Tagana Kab. Gowa, SAR Brimob, Polsek Kab. Gowa, SAR UNHAS, SAR UNM, PMI 247, Makassar Rescue, Core Rescue, SAR Maritim, PMI Kab. Gowa, SAR Antariksa, BPBD Kota Makassar. Sebelumnya, sekitar pukul 04.00 WITA masyarakat kembali menemukan 11 orang korban dalam keadaan selamat. Upaya pencarian yang berlangsung sampai dengan siang hari, berhasil kembali menemukan 1 orang korban atas nama Rais (28). Jasad Rais ditemukan sekitar pukul 13.55 WITA.

Jumlah total korban adalah 25 orang, yakni 22 orang selamat dan 3 orang meninggal dunia. Sebanyak 16 unit motor telah diangkat dari dasar sungai. Pagi ini (24/2) tim SAR gabungan melakukan breafing dengan pemerintah setempat, disepakati operasi SAR ditutup, dan sudah tidak ada lagi laporan kehilangan dari pihak keluarga / masyarakat. (ay)
__________________________

Update 23/2 Kecelakaan Jeneberang, Penyeberangan Malengkeri - Taeng: 22 Feb 15: 20 Selamat; 2 #MD, 3 Hilang

Kapal Penyeberangan Tenggelam di Sulsel, Tinggal 3 Orang yang Hilang

DetikSumsel.com – Gowa, Kapal penyeberangan di Sungai Jeneberang, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan, tenggelam saat mengangkut sekitar 20-an warga Desa Taeng, Kec. Pallangga, sekitar pukul 19.30 Wita, Minggu malam (22/2). Sejauh ini telah ada 2 korban tewas dan 3 orang dinyatakan hilang.

“Hasil dari proses evakuasi, 20 penumpang selamat, 2 meninggal dunia dan 3 penumpang lainnya dilaporkan hilang, serta 8 unit sepeda motor bisa ditemukan, jadi kami fokus pada korban yang dilaporkan keluarganya, namun kami juga menyiapkan posko di sekitar lokasi yang siap menerima laporan masyarakat jikalau ada anggota keluarganya yang hilang,” ujar Kepala Seksi Operasional SAR Makassar Deden Ridwansyah saat ditemui detik.com di sekitar lokasi dermaga penyeberangan Benteng Somba Opu, Senin (23/2/2015) dini hari.

Dia juga mengatakan proses evakuasi dilakukan dengan cara menyisir lokasi dengan perahu karet dan menyelam di sungai yang dalamnya sekitar 3 meter. Deden mengatakan 2 penumpang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa lagi, yakni Nur Inayah (5 tahun) dan Fadli Rahman (3 tahun), sedangkan 3 penumpang lainnya masih belum ditemukan. Kedua korban tewas dilarikan ke RSUD Syekh Yusuf, Gowa, serta beberapa korban selamat dari peristiwa nahas tersebut.

_________________________________

Kecelakaan Perahu Makassar - Gowa, 22 Feb 15: Sungai Jeneberang, Penyeberangan Malengkeri - Taeng: 10 Selamat; 2 #MD, Diduga puluhan Hilang

Korban Tewas & Selamat dari Perahu Terbalik di Jeneberang

Andi Ilham
Senin, 23 Februari 2015 − 00:23 WIB

MAKASSAR - Sekitar pukul 20.00 Wita, telah ditemukan 12 orang penumpang perahu yang tenggelam, di antaranya 10 orang dalam keadaan selamat.

Sementara dua orang dalam keadaan meninggal dunia selanjutnya korban dibawa ke RSUD Syech Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa.

Pada Pukul 22.00 Wita, Basarnas Makassar dan Pemerintah Kabupaten Gowa masih melakukan pencarian terhadap korban hilang lainnya, Minggu 22 Februari 2015.

Adapun identitas korban yang ditemukan:

Korban Tewas

1. Nur Inayah, 5 tahun, alamat Sumanna, Kecamatan Tamalate, Makassar

2. Muhammad Fadly, 3 tahun, alamat Sumanna, Kecamatan Tamalate, Makassar

Korban Selamat

1. Muhammad Ryan, 29 tahun, beralamatkan perumahan Alauddin blok B No 2 Nusataeng Kecamatan Pallangga, Gowa

2. Dewi Setiawati, 30 tahun, beralamatkan perumahan Alauddin blok B No 2 Nusataeng Kecamatan Pallangga, Gowa

3. Nikmah Maulani, 8 tahun, beralamatkan perumahan Alauddin blok B No 2 Nusataeng Kecamatan Pallangga, Gowa

4. Yurika, 19 tahun, beralamatkan Kaledupaya, Desa Taeng, Pallangga, Gowa

5. Irwan, 15 tahun, Kampung Gusunga, Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa

6. Sofia, 1 tahun, beralamatkan Sumanna, Kelurahan Barombong, Kota Makassar.

7. Muhammad Aspa, 35 tahun, beralamatkan Sumanna, Kelurahan Barombong, Kota Makassar

8. Hartati, 29 tahun, beralamatkan Sumanna, Kelurahan Barombong, Kota Makassar.

9. Muhammad Faras, 8 tahun, pelajar beralamatkan Sumanna, Kelurahan Barombong, Kota Makassar.

10. Andi Rijal, 20 tahun, mahasiswa, beralamatkan Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Sebelumnya, angkutan kapal penyeberangan dari Malengkeri, Kecamatan Tamalate, Makassar ke Taeng, Kabupaten Gowa terbalik di Sungai Jenneberang.

Dua penumpang tewas dan 30 orang belum ditemukan. Selain itu, puluhan motor milik penumpang juga terbuang di sungai tersebut yang terjadi pukul 21.00, Wita.

Hingga saat ini, informasi yang diperoleh tim Basarnas Makassar malam tadi, dua orang penumpang ditemukan tewas, empat orang selamat dan sekitar 30-an yang diduga hilang.

-------------------------------

Ini Daftar Korban Perahu Tenggelam di Jeneberang
Minggu, 22 Februari 2015 | 23:48 WIB

POJOKSATU – Tim SAR masih melakukan pencarian terhadap korban perahu tenggelam di Sungai Jeneberang. Sejauh ini sudah 12 korban ditemukan, dua diantaranya sudah tak bernyawa. Sementara korban selamat dilarikan ke RS Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Penumpang perahu yang tenggelam dan masih dalam pencarian diperkirakan masih mencapai belasan orang. Perahu motor penyeberangan dari Malengkeri Kota Makassar ke Taeng, Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, tenggelam di tengah Sungai Jeneberang sekitar pukul 21.00 Wita.

Perahu tersebut memuat puluhan penumpang serta 10 sepeda motor. Perahu tenggelam bersama penumpang dan motor yang dimuat.(fat)

Berikut daftar korban perahu tenggelam di Sungai Jeneberang:

Korban meninggal dunia
1. Nur Inayah (5 tahun) Sumanna Kec. Tamalate, Makassar
2. Muh.Fadly (3) Sumanna kec Tamalate Makassar

Korban ditemukan selamat
1. Muh Ryan (29) Perumahan Alauddin Blok B no 2 Nusataeng Kec Pallangga, Gowa
2. Dewi setiawati (30), Perm Alauddin blok B no 2 Nusataeng Kec Pallangga, Gowa
3. Nikma maulani (8), Perm Alauddin blok B no 2 Nusataeng, Gowa
4. Yurika (19), Kaledupaya Desa Taeng, Pallangga
5. Irwan (15) Kp Gusunga Desa Taeng Kec Pallangga, Gowa
6. Sofia (1 tahun) Sumanna Kel. Barombong, Kota Makassar
7. Muh. Aspa (35), Sumanna Kel. Barombong kota makassar
8. Hartati (29), Sumanna Kel. Barombong kota makassar
9. Muh. Faras (8), Sumanna Kel. Barombong kota Makassar
10 Andi rijal (20), Desa Taeng Kec. Pallangga, Gowa

------------------------------

Kronologi Perahu Terbalik di Jeneberang

Andi Ilham
Minggu, 22 Februari 2015 − 23:22 WIB

JAKARTA - Sekitar Pukul 19.30 Wita, perahu milik Daeng Ruru berangkat dari penyeberangan Mallengkeri sungai Jeneberang, Gowa, Makassar, Sulawesi Selatan, sementara mengangkut penumpang sekitar 20 orang dan sekitar 10 unit sepeda motor tenggelam.

Kronologi kejadian berawal ketika para penumpang hendak menyeberang menggunakan perahu milik Deng Rurung, dari kelurahan Pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, menuju Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Minggu (22/2/2015).

Pada saat perahu berada di tengah sungai, tiba-tiba perahu tersebut tenggelam
beserta dengan sekitar 20 orang penumpang dan sekitar 10 unit sepeda motor yang sementara dimuat di atas perahu tersebut.

Mengetahui kejadian tersebut pihak kepolisian, Tagana, Basarnas serta masyarakat sekitar melakukan pencarian terhadap korban tenggelam (penumpang perahu).

Sebelumnya, angkutan kapal penyeberangan dari Malengkeri, Kecamatan Tamalate, Makassar ke Taeng, Kabupaten Gowa terbalik di Sungai Jenneberang.

Dua penumpang tewas dan 30 orang belum ditemukan. Selain itu, puluhan motor milik penumpang juga terbuang di sungai tersebut yang terjadi pukul 21.00, Wita.

Hingga saat ini, informasi yang diperoleh tim Basarnas Makassar malam tadi, dua orang penumpang ditemukan tewas, empat orang selamat dan sekitar 30-an yang diduga hilang.

--------------------------

Kapal Terbalik di Jeneberang, 2 Tewas dan 30 Orang Hilang

Andi Ilham
Minggu, 22 Februari 2015 − 23:10 WIB

MAKASSAR - Angkutan kapal penyeberangan dari Malengkeri, Kecamatan Tamalate, Makassar ke Taeng, Kabupaten Gowa terbalik di Sungai Jeneberang.

Dua penumpang tewas dan 30 orang belum ditemukan. Selain itu, puluhan motor milik penumpang juga terbuang di sungai tersebut yang terjadi pukul 21.00, Wita, Minggu (22/2/2015).

Hingga saat ini, informasi yang diperoleh tim Basarnas Makassar malam tadi, dua orang penumpang ditemukan tewas, empat orang selamat dan sekitar 30-an yang diduga hilang.

Kepala Seksi (Kasi) Operasional Basarnas Makassar, Deden Ridwansyah, mengatakan pihaknya melakukan penyelaman dan menemukan dua orang penumpang tewas.

Empat berhasil selamat dari maut tersebut. Adapun laporan dari 30-an penumpang yang menumpang di kapal yang tidak memiliki papan nama tersebut masih simpang siur.

"30-an orang ini belum bisa dipertanggungjawabkan. Kita belum tahu apakah mereka juga ada dikapal tersebut," kata Deden yang dihubungi via ponselnya tadi malam.

Sementara itu, Kapolsekta Tamalate, Kompol Suaib Madjid, mengatakan jika membenarkan adanya perahu penumpang yang tenggelam Sungai Jeneberang. Kendati saat ini kapalnya belum ditemukan dan diangkat ke permukaan termasuk puluhan penumpang dan motor.

"Kami belum tau pemicunya sehingga kapal itu tenggelam karena wilayah Kabupaten Gowa. Silahkan tanya ke sana," ujar Suaib Madjid tadi malam.

(maf)

----------------------

Perahu Tenggelam Bersama Puluham Penumpang di Jeneberang
Minggu , 22 Februari 2015 21:12

FAJARONLINE, SUNGGUMINASA - Perahu penyeberangan di Sungai Jeneberang dari Malengkeri Makassar ke Taeng Kecamatan Pallangga Gowa bermuatan puluhan orang dan motor dilaporkan terbalik dan tenggelam bersama muatannya, sesaat lalu, Minggu 22 Februari pukul 21.00 Wita. Perahu itu memuat puluhan orang menyeberang mulanya berlangsung aman-aman sauja. Nahas terjadi setelah tiba-tiba perahu tenggelam. Hingga saat ini, dua penumpang telah ditemukan dalam kondisi tak bernyawa lagi.

Kapolsekta Tamalate, Kompol Suaib Majid tidak menyangkali tentang adanya perahu sarat muatan telah tenggelam bersama muatannya di Sungai Jeneberang. “Benar ada kapal yang tenggelam, hingga saat ini kapalnya belum ditemukan. Termasuk puluhan penumpang dan motor,” ujarnya.

Kompol Suaib Majid mengaku tidak terlalu mendalami peristiwa tersebut dengan alasan lokasi kejadian masuk wilayah hukum Polres Gowa. “Itu wilayah Gowa. Anggota saya sudah di TKP namun baru sampai. Sebentar lagi balik untuk melaporkannya secara detail bagaimana kejadiannya,” tuturnya.

Kapolres Gowa, AKBP Lafry Prasetyono belum memberi kejelasan rinci tentang insiden tersebut, “Nanti dulu, ya saya lagi sibuk,” elaknya. (jai)

Penulis : jai
Editor : Sainuddin Saleha

-------------------------

Breaking News: Perahu Terbalik di Sungai Jeneberang Dua Ditemukan Tewas
Minggu, 22 Februari 2015 20:21 WIB

Laporan Wartawan Tribun Timur, Uming

TRIBUNNEWS.COM, SUNGGUMINASA - Perahu penyeberangan dikabarkan terbalik saat menyeberang di Sungai Jeneberang, dari Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu ke Desa Taeng, Kecamatan Palangga, Sulawesi Selatan, Minggu (22/2) malam.

Informasi dari anggota Tagana Gowa, Irwan Nompo, belum diketahui pasti jumlah penumpang yang berada di perahu tersebut. "Tapi dua korban sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Sekarang ada di Lamangkia," ujar Irwan saat dihubungi tribun.

Kini anggota Tagana Gowa sudah berada dilokasi dan sedang melakukan pencarian di lokasi terbaliknya perahu penyeberangan.

____________________________________

Unu
@MyYunuz
Perahu penyeberangan di benteng somba opu tenggelam. Penumpang 20 orang.. info sudah ada yg ditemukan meninggal @SupirPete2 @infobencana
Translate Tweet
8:08pm · 22 Feb 2015 · UberSocial for Android
Credibility: UP DOWN 0


Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
The Captcha library requires GD2 with FreeType support. Please see http://php.net/gd_info for more information.