Verified

Update 15 April 2015: Pendaki Sindoro, Zaenuri Ahmad Hilang 2/3 April 2015: Ditemukan Meninggal Dunia

Lokasi     : Titi Korban
Tanggal     : Apr 15 2015
Jam     : 20:30 | WIB

Detail Informasi
Update 15 April 2015: Pendaki Sindoro, Zaenuri Ahmad Hilang 2/3 April 2015: Ditemukan Meninggal Dunia


Sindoro Sumbing
@Sindoro_Sumbing

Titik kuning inilah lokasi diketemukan survivor Zaenuri Ahmad #Sindoro pic.twitter.com/6GAlohcX1R
Translate Tweet
Media preview
8:28pm · 15 Apr 2015 · Twitter for Android

Sindoro Sumbing
@Sindoro_Sumbing

Malam ini jg Jenazah Survivor Alm. Zaenuri Ahmad akan dibawa ke rumahnya di Klaten setelah proses di PKU Muhammadiyah Kedu
Translate Tweet
8:21pm · 15 Apr 2015 · Twitter for Android

------------------------
Leopold Kennedy Adam
@LeopoldAdam

19:10 Alm Zaenuri yg dinyatakn hilang tersesat di #Sindoro tlh dievakuasi & dibawa ke RS PKU Temanggung @infobencana pic.twitter.com/soRaeQl4mH
Translate Tweet
7:51pm · 15 Apr 2015 · Twitter Web Client

-----------------------

#IndonesiaSiaga
@MDMCIndonesia
Tanda bintang merah yang merupakan posisi korban ditemukan oleh tim SAR MDMC. Cc: @infobencana @infomitigasi pic.twitter.com/13TrTJYoYx
5:55pm · 15 Apr 2015 · UberSocial for BlackBerry

#IndonesiaSiaga
@MDMCIndonesia
Pencarian korban oleh tim SAR @muhammadiyah memakan waktu sekitar 12 hari, sejak dinyatakan hilang pada 2 April 2015 lalu.
5:52pm · 15 Apr 2015 · UberSocial for BlackBerry

#IndonesiaSiaga
@MDMCIndonesia
Jasad Zaenuri ditemukan dua hingga tiga kilometer dari puncak. Tim SRU yang sedang berupaya mengevakuasi masih terhalang oleh kabut.
5:18pm · 15 Apr 2015 · UberSocial for BlackBerry

#IndonesiaSiaga
@MDMCIndonesia
Jasad Zaenuri ditemukan dua hingga tiga kilometer dari puncak. Tim SRU yang sedang berupaya mengevakuasi masih terhalang oleh kabut.
5:18pm · 15 Apr 2015 · UberSocial for BlackBerry

-------------------------------------

Sindoro Sumbing
@Sindoro_Sumbing
Proses evakuasi melalui jalur Mranggen kidul, selatan jalur Bansari. Minta doa semuanya semoga evakuasi dilancarkan pic.twitter.com/yKKc56aWc8

Sindoro Sumbing
@Sindoro_Sumbing
Sudah bergerak sampai pos 2 jalur pendakian #Sindoro via Bansari. Akhirnya pemuda dan pengelola BC Bansari ditarik mundur
4:43pm · 15 Apr 2015 · Twitter for Android

Sindoro Sumbing
@Sindoro_Sumbing
Pemuda Bansari yang melakukan penjemputan jenazah kecelik ternyata penurunannya tidak lewat sana melainkan lewat Mranggen
4:42pm · 15 Apr 2015 · Twitter for Android

Sindoro Sumbing
@Sindoro_Sumbing
Karena sudah banyak yang tanya. Sebenarnya kami ingin proses evakuasi lancar dl. Berita ditemukannya survivor UIN SUKA adalah BENAR
4:24pm · 15 Apr 2015 · Twitter for Android


--------------------------

Rabu, 15/04/2015 16:37 WIB
Zaenuri Mahasiswa yang Tewas saat Mendaki Sindoro Ditemukan di Alur Sungai
Bagus Kurniawan - detikNews

Yogyakarta - Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Zaenuri Ahmad (20), yang hilang 12 hari di Gunung Sindoro akhirnya ditemukan. Mahasiswa asal Klaten itu sudah tidak bernyawa. Saat ini, proses evakuasi masih berlangsung.

Berdasarkan data di Posko Kledung Temanggung, jenazah Zaenuri ditemukan di alur sungai, Rabu (15/4/2015) sekitar pukul 11.45 WIB. Dia ditemukan tim Search Rescue Unit (SRU) II.

Informasi yang dihimpun dari kepolisian, jenazah akan dibawa langsung menuju rumah duka Dusun Kauman Jatinom, Desa Jemawan, Kecamatan Jatinom, Klaten.

Zaenuri hilang saat mendaki Gunung Sindoro melalui jalur pendakian Kledung, Temanggung, Kamis (2/4/2015). Dia mendaki bersama 6 rekannya dan terpisah saat berada di daerah Watu Tatah. Tim SAR sudah mencari ke berbagai titik, tapi tak menuai hasil. Di hari ke-12, mereka baru menemukan korban.

Pada Selasa (7/4) lalu, ibu Zaenuri, Siti Mahmudah (52) mengaku pasrah. Dia hanya berharap anaknya ditemukan. "Harapannya (Zaenuri) bisa segera ditemukan dengan selamat. Tapi apapun kondisinya saya ikhlas," kata Siti Mahmudah.

Zaenuri merupakan anak kedua dari dua bersaudara pasangan suami istri, Mulyono dengan Siti Mahmudah. Keluarga mengaku tidak mengetahui Zaenuri berencana mendaki gunung.

http://news.detik.com/read/2015/04/15/163024/2888334/10/zaenuri-mahasiswa-yang-tewas-saat-mendaki-sindoro-ditemukan-di-alur-sungai
________________________

Update 15 April 2015: Pendaki Sindoro, Zaenuri Ahmad Hilang 2/3 April 2015: Ditemukan Meninggal Dunia

Pendaki Sindoro Ditemukan Tewas
Survivor Ditemukan Dua Kilometer dari Puncak Sindoro
Rabu, 15 April 2015 14:26

Laporan Reporter Tribun Jogja, Padhang Pranoto

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Zaenuri Ahmad (20), pendaki yang hilang di Gunung Sindoro, Temanggung, dikabarkan ditemukan dalam kondisi tewas oleh Tim Search and Rescue Unit (SRU) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Rabu (15/4/2015) sekitar pukul 11:45.

Informasi yang dihimpun Tribun Jogja dari tim LPB Klaten, siang ini sedang diupayakan evakuasi terhadap survivor tersebut.

Jasad Zaenuri ditemukan dua hingga tiga kilometer dari puncak.

Namun demikian, Tim SRU yang sedang berupaya mengevakuasi masih terhalang oleh kabut. (*)

http://jogja.tribunnews.com/2015/04/15/jasad-zaenuri-ditemukan-dua-kilometer-dari-puncak-sindoro
__________________________

Update 13 April 2015: Pendaki Sindoro Hilang 2/3 April 2015: Belum Ditemukan

SAR Temukan Kerangka Manusia di Gunung Sindoro
Senin, 13 April 2015, 20:22 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Tim SAR Gabungan menemukan kerangka manusia diperkirakan berjenis kelamin perempuan, saat melakukan pencarian mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Zaenuri Ahmad, yang tersesat di Gunung Sindoro Temanggung, Jawa Tengah.

Kasi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Eko Suprapto di Temanggung, Senin, mengatakan kerangka manusia tersebut ditemukan pertama kali oleh tim SAR gabungan asal Yogyakarta pada Ahad (12/4) sekitar pukul 16.15 WIB.

Ia mengatakan lokasi penemuan berada di dekat Pos 4 di sebuah lembah yang tertutup ilalang atau sekitar 400 meter dari puncak Gunung Sindoro. "Di tengah upaya mencari korban pendaki yang tersesat, tim SAR gabungan dari Yogyakarta malah menemukan kerangka manusia di sekitar Pos 4," katanya.

Ia mengatakan pada kerangka manusia tersebut masih menempel celana panjang berwarna hitam, dengan kemeja berwarna putih, termasuk pakaian dalam.

Sedangkan ciri fisiknya, memiliki lima buah gigi atas dan gigi bawah yang tertutup tangan, diduga saat meninggal tengah menggigit jarinya. Ia menuturkan kerangka manusia tersebut belum dievakuasi dan masih menunggu identifikasi dari Polres Temanggung.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/04/13/nmqwia-sar-temukan-kerangka-manusia-di-gunung-sindoro
___________________________

Update 9 April 2015: Pendaki Sindoro Hilang 2/3 April 2015: Belum Ditemukan

BANTU PENCARIAN PENDAKI TERSESAT
Muhammadiyah Klaten Kirim 25 Anggota SAR ke Sindoro

Agus Sigit | Kamis, 9 April 2015

KLATEN (KRjogja.com) - Sebanyak 25 anggota SAR Muhammadiyah Klaten, dikirim ke Gunung Sindoro, Temanggung, untuk membantu melakukan pencarian terhadap Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Ahmad Zaenuri (20) yang tersesat saat melakukan pendakian di gunung tersebut.

Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadyah Solo Raya dan Kedu, Eko Hari Mursanto dan Ketua LPB Klaten Firdaus mengemukakan, tim yang dikirim tersebut merupakan yang ketiga. Sebelumnya sudah mengirimkan sebanyak delapan orang dan 10 orang.

Dikemukakan Eko Hari Mursanto, korban hilang, Ahmad Zaenuri adalah warga Jemawan, Jatinom yang juga merupakan salah seorang anggota Kokam Klaten.

Belajar dari pengalaman pencarian selama beberapa hari yang sebelumnya, tim LPB Muhamamdyah Klaten tersebut akan menerapkan berbagai teknik serta akan memperluas zona pencarian. “Kemungkinan kami juga akan melakukan pencarian di jurang, sehingga akan menggunakan teknik vertical rescue. Apapun akan kami upayakan semaksimal mungkin agar korban bisa segera ditemukan,” kata Eko Hari Musanto.

Tim pertama telah diberangkatkan Sabtu malam, tim kedua diberangkatkan Senin malam lalu. Para relawan Muhammadyah ini dilepas oleh Ketua Pelaksana Harian BPBD Klaten Sri Winoto, Dandim Klaten Letkol Inf Thomas Heru Rinawan dan Ketua PDM Muhammadyah Klaten, Mohtar Ansori di Gedung Sierad Klaten. (Sit)

http://krjogja.com/read/255677/muhammadiyah-klaten-kirim-25-anggota-sar-ke-sindoro.kr
___________________________

Update 8 April 2015: Pendaki Sindoro Hilang 2/3 April 2015: Belum Ditemukan

6 Hari Tersesat Di Sindoro Ahmad Zaenuri Belum Ditemukan
Diterbitkan 08 Apr 2015
Oleh : Redaksi

KabarKlaten.net_ Team Lembaga Penanggulangan Bencana Muhamadiyah klaten rabu (8/4) melakukan pencarian Ahmad Zaenuri warga Dukuh Kauman Jemawan jatinom Klaten yang sejak kamis lalu tersesat saat mendaki di gunung Sindoro bersama 7 orang teman kuliahnya dari UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta.

Pengurus Lembaga Penanggulangan Bencana Muhamadiyah Klaten Firdaus mengatakan, Team pencarian di gunung Sindoro ini merupakan Kloter yang ke-3, dimulai jum’at sore sejumlah 10 orang, minggu sore 10 orang dan rabu sore ini rencana anggota yang akan berangkat sejumlah 18-25 0rang.

“ Pencarian Ahmad Zaenuri pada hari ini merupakan tahap ke-3, dan akan kita rencanakan selama 3 hari pencarian” ucapnya

Menurut Firdaus, Ahmad Zaenuri mendaki dengan 7 0rang temannya, pada saat pendakian Ahmad Zaenuri Jauh didepan teman-temannya kurang lebih 50-100 meter dari jangkauan. pada Saat yang bersamaan terjadi kabut tebal, teman-temannya menganggap Ahmad Zaenuri telah sampai duluan sebelum teman-temannya sampai.

“ Menurut informasi dari temannya, Ahmad Zaenuri berjalan lebih dulu di banding yang lainnya, tetapi sesampainya ditempat tujuan teman-temanya tidak mendapati Ahmad Zaenuri ditempat itu “ Jelasnya

Lebih lanjut Ia mengatakan, Pencarian Ahmad Zaenuri saat ini merupakan puncak pencarian yang dilakukan oleh para relawan dan Basrnas. pada saat ini anggota yang diterjunkan sudah mencapai 10 regu. penyisiran masal ini akan dilakukan oleh 250 orang relawan dari berbagai group relawan.

“ Hari ini merupakan penyisiran masal yang dilakukan oleh relawan, bahkan seluruh warga masyarakat pun juga ikut melakukan penyisiran” ungkapnya

Sementara Komandan Kokam Wilayah Jateng muh Ismail mengatakan, selain Lembaga Penanggulangan Bencana Muhamadiyah yang diterjunkan, anggota dari kokam juga ikut serta dalam pencarian Zaenuri Ahmad di Gunung Sindoro.


“ Pencarian Ahmad Zaenuri hari ini semoga saja membuahkan hasil yang baik, semoga anggota Kokam dari jatinom Ahmad Zaenuri segera ditemukan.” Pungkas Ismail.
Dikatakanya, sejak saat kabar Zaenuri Ahmad dikabarkan tersesat, pihak keluarga hanya bisa berdoa serta mengaji secara bersama-sama dengan tetangga. hal itu dilakukan pihak keluarga korban agar Ahmad Zaenuri dalam keadaan selamat.

“ keluarga ahmad Zaenuri saat dihubungi oleh pihak kokam hanya bisa berdoa dan mengaji demi keselamatan Ahmad Zaenuri,” Pungkas Muh ismail


_______________________________

Update 8 April 2015: Pendaki Sindoro Hilang 2/3 April 2015: Belum Ditemukan

7 HARI PENCARIAN, AHMAD BELUM JUGA DITEMUKAN

SEMARANG --- Pencarian Zaenuri Ahmad (22) pendaki yang tersesat di Gunung Sindoro, Temanggung Jawa Tengah yang sudah dilakukan selama sepekan dan skala besar besaran, Rabu (8/4) dihentikan. Selanjutnya selama sepekan kemudian akan dilakukan pencarian dengan skala kecil yang dilakukan oleh tim SAR dan masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Kepala Kantor SAR Semarang Agus Haryono di Pos Pendakian Kecamatan Kledung, Temanggung, Rabu sore. Menurut Agus sesuai dengan sop (Standar Operasional Prosedur) Basarnas pencarian selama 7 hari akan dievaluasi. "Tapi belum kita hentikan dalam arti berhenti kita cari. Karena habis ini akan ada tim lokal yang akan mencari. Sementara kita akan ke tahap monitoring dan penurunan skala tim yang dilibatkan pencarian," papar Agus.

Masih kata Agus, Tim yang selama sepekan ini kita tarik, akan ganti tim lokal yang akan berdatangan kemudian koordinasi dengan posko kendali SMC (SAR Mission Coordinator) di Pos Kledung ini. Semoga pencarian akan dilakukan semaksimal mungkin, sampai korban ditemukan. Atau sampai dengan keluarga korban mengiklaskan.

Bagaimanapun, lanjut Agus, pencarian harus ada batasnya. Tim - tim relawan yang melakukan pencarian akan kita pantau, kita lihat perkembangannya lalu kalau memang diperlukan akan kita suport lagi. Pencarian yang dilakukan difokuskan di tebing tebing dan jurang jurang untuk memastikan keberadaan korban.

Sementara itu Camat Kledung Joko Prasetyo mengatakan, Operasi melibatkan rata rata tiap hari 200. Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu. Basarnas Semarang, Basarnas Yogyakarta, SAR Temanggung, SAR DIY, Grasindo, Skydoor, Mapala UIN, BANSER, dan semua relawan yang terlibat. Disamping masyarakat yang selama sepekan ini rata rata antara 3 sampai 4 naik turun gunung. " Semua jalur sudah disisir, mulai jalur Kledung, Bandari, Tuksari, Tambi dan Sigedang.

Menurut Joko, gunung Sindoro ini adalah salah satu Gunung yang sangat diminati untuk para pendaki. "Hari Jumat, sabtu, minggu gunung sindoro didaki rata rata 700 pendaki," kata dia. Untuk itu, dengan kejadian ini maka akan kita tertibkan standarnya. Karena kalau kita lihat kasus zaenuri ahmad ini standartnya sangat minimalis," pungkasnya

Dimalam harinya seluruh pihak yang terlibat melakukan doa bersama. Doa bersama dipimpin oleh takmir masjid Kelurahan Kledung. Dengan harapan agar korban dapat segera ditemukan dalam keadaan sehat. Doa bersama dihadiri oleh keluarga korban, lurah kledung, camat Kledung, Kepala Kantor SAR Semarang, dan masyarakat. (ris)

http://www.basarnas.go.id/index.php/baca/berita/4802/7-hari-pencarian-ahmad-belum-juga-ditemukan
________________________________________

Basarnas Tarik Tim Pencari Mahasiswa UIN Di Sindoro
Newswire Rabu, 08/04/2015 22:47 WIB

Bisnis.com, SEMARANG—Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor Semarang menarik anggota timnya dalam pencarian pendaki Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Zaenuri Ahmad yang tersesat di Gunung Sindoro Kabupaten Temanggung.

"Khusus tim Basarnas kami tarik dulu malam ini, tetapi nanti tim dari relawan masih banyak yang melanjutkan pencarian," kata Kepala Kantor SAR Semarang, Agus Haryono di Temanggung, Rabu (8/4/2015).

Ia mengatakan pihaknya sudah berbicara dengan pihak keluarga, pihak Pemkab Temanggung, dan pihak kampus bahwa pencarian hampir seminggu ini sudah sesuai standar operasional Basarnas.

"Ketika pencarian sudah tujuh hari akan dilakukan evaluasi kalau belum ada tanda-tanda signifikan. Tujuh hari pertama ini kami evaluasi dan belum dihentikan," katanya.

Ia menuturkan jadi nanti tetap dilakukan pencarian karena banyak sekali tim SAR yang bergabung di sini dan siap untuk diterjunkan.

Ia mengatakan mulai Kamis (9/4) pencarian masuk tahapan kedua, yakni tahapan monitoring dan penurunan skala operasi.

"Kalau dalam satu pekan ini tim kami kerahkan besar-besaran, bahkan dua hari ini mencapai 200 hingga 300 orang, namun hasilnya masih nihil," katanya.

Ia mengatakan untuk pencarian tahap kedua besuk tim yang telah bekerja selama seminggu ini perlu istirahat, perlu rotasi penyegaran maka mereka diistirahatkan dulu, kemudian tim-tim baru yang sudah siap nanti akan diterjunkan bersama masyarakat.

http://semarang.bisnis.com/read/20150408/1/78077/basarnas-tarik-tim-pencari-mahasiswa-uin-di-sindoro
_____________________________

Sepekan hilang di Gunung Sindoro, keluarga Zaenuri pasrah
Reporter : Arie Sunaryo | Rabu, 8 April 2015 10:44

Merdeka.com - Tim pencari dan penyelamat gabungan belum berhasil menemukan, Zaenuri Ahmad (20), mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Kalijaga, Yogyakarta yang hilang dalam pendakian di Gunung Sindoro di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Keluarga Zaenuri yang tinggal di Desa Jemawan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah hingga pagi ini terus didatangi kerabat serta tetangga untuk memberikan dukungan kepada keluarga agar tetap tabah.

Mereka juga ikut mendoakan agar putra sulung dari dua bersaudara tersebut selamat dan kembali berkumpul bersama keluarga.

Kedua orangtua Zaenuri, Siti Mahmudah (52) dan Mulyono (57) mengaku hingga hari keenam anaknya hilang, mereka belum mendapatkan informasi apapun terkait keberadaan anak kesayangannya.

"Kami pasrah saja sama Allah, sampai sekarang belum ada kabar apa-apa. Saya hanya berharap yang terbaik, bahkan jika anak saya harus dipanggil Allah," ujar Siti Mahmudah, saat ditemui wartawan, di kediamannya, Rabu (8/4).

Siti mengatakan, saat ini ada perwakilan keluarganya yang sedang memantau perkembangan pencarian putranya. Dirinya mengaku sudah mendatangi lokasi hilangnya Nuri (panggilan anaknya).

"Kami sudah ke sana Sabtu dan Minggu kemarin untuk melihat proses pencarian. Ada kakak sepupu beserta pak de dan pak lek anak saya, yang memantau keadaan," katanya.

Kepala Desa Jemawan, Muhammad Zazid, yang sempat ikut ke Gunung Sindoro menambahkan dia bersama warga terus berdoa agar tim pencari mendapatkan hasil terbaik, hingga Nuri bisa diselamatkan.

Sebelumnya, Zaenuri bersama 6 orang mahasiswa lainnya melakukan pendakian ke Gunung Sindoro. Namun tersesat hingga terpisah dari rombongan sejak hari Kamis 2 April 2015 pekan lalu. Zaenuri hilang saat dalam perjalanan menuju puncak Gunung Sindoro di ketinggian 3.150 meter di atas permukaan laut.

http://www.merdeka.com/peristiwa/sepekan-hilang-di-gunung-sindoro-keluarga-zaenuri-pasrah.html
_________________________

250 Personel Basarnas Cari Mahasiswa Hilang di Gunung Sindoro
Kilas Indonesia
on 07 Apr 2015 at 19:29 WIB

Liputan6.com, Temanggung - Pencarian mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta yang hilang di Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah hingga hari kelima terus dilakukan. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (7/4/2015).

Sebanyak 250 personel Basarnas diterjunkan dalam pencarian ini. Mereka melakukan penyisiran termasuk di lembah edelweis yang menjadi lokasi terakhir korban menghilang.

Sementara itu, pemain Sriwijaya FC asal Papua Patrich Wanggai dilaporkan ke polisi setelah memukul pemain lawan dalam laga persahabatan melawan tim Porprov Palembang. Pemain yang pernah membela Timnas Indonsia ini diduga memukul Untung Saputra hingga hidungnya patah.

Di tempat lain, 5 ton daging babi hutan yang hendak dibawa ke Pulau Jawa disita petugas Polsek Penengahan, Lampung Selatan, Lampung. Pelaku menyembunyikan daging babi hutan di bawah tumpukan jengkol dan terpal. Pengemudi truk bernama Agus Santoso langsung ditahan.

Di Solo, Jawa Tengah, seorang anak dokter gigi hilang saat sedang bermain di halaman rumahnya. Romario Santoso yang baru duduk di kelas 5 SD itu hilang sejak Senin 6 Maret sore kemarin.

Orangtua Romario khawatir anaknya menjadi korban penculikan. Saat hilang korban membawa buku tabungan dan ATM di tas sekolah yang kini sudah diblokir. (Nfs/Yus)

http://news.liputan6.com/read/2209286/250-personel-basarnas-cari-mahasiswa-hilang-di-gunung-sindoro
____________________________

Update 7 April 2015: Pendaki Sindoro Hilang 2/3 April 2015: Belum Ditemukan

TIM SAR tambah personil cari mahasiswa tersesat di Sindoro
Selasa, 7 April 2015 18:55 WIB

Temanggung (ANTARA News) - Tim SAR gabungan menambah personel hingga dua kali lipat menjadi sekitar 250 orang untuk mencari pendaki tersesat dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Zaenuri Ahmad (20) di Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Kasi Operasional Basarnas Kantor SAR Semarang Tri Joko Priyono di Temanggung, Selasa, mengatakan pada pencarian hari kelima ini dikerahkan sedikitnya 250 personel, antara lain dari SAR Temanggung, SAR Yogyakarta, SAR Salatiga, kelompok Pecinta Alam, Banser, dan anggota TNI/Polri.

"Sejumlah personel tersebut dibagi menjadi beberapa tim, mereka menyusuri hutan di lereng Gunung Sindoro sesuai dengan jalur yang telah ditentukan," katanya.

Ia mengatakan tim disebar ke beberapa titik yang disinyalir menjadi tempat tersesatnya Zaenuri Ahmad. Mereka akan melewati lembah yang berada di punggung Gunung Sindoro dan kemudian akan bertemu di satu titik.

Ia menuturkan tim pencarian disebar, dari sisi timur dan barat melalui pos pendakian di Kecamatan Bansari, Kecamatan Ngadirejo, pos pendakian Desa Sibajak Kecamatan Candiroto, pos pendakian Sigedang Kabupaten Wonosobo dan pos pendakian Desa Anggrugondok Kecamatan Kretek.

Pada pencarian hari sebelumnya, katanya sebagian pos-pos pendakian tersebut sudah digunakan, namun untuk pencarian kali ini tidak pada titik yang sama, melainkan melalui titik-titik pencarian yang lebih diperluas.

"Mereka nantinya akan bertemu di pos tiga jalur pendakian di Desa Kledung, setelah menyusuri titik-titik pencarian yang telah ditentukan," katanya.

Ia berharap dengan dikerahkannya seluruh kekuatan ini, korban bisa ditemukan dengan kondisi selamat, meskipun telah tersesat sejak Jumat (3/4).

Hingga sekarang, katanya tim SAR belum menemukan titik terang keberadaan korban, padahal tim sudah menyisir ladang edelwais yang menjadi lokasi korban hilang. Proses pencarian tim mengalami kendala, antra lain kabut tebal yang menyelimuti lokasi pencarian, tebing yang curam serta jalan yang licin.

Kerabat korban, Sasrul menuturkan tidak mengetahui jika korban mendaki Gunung Sindoro, karena sebelum berangkat Zaenuri tidak berpamitan pada orang tuanya.

"Tidak berpamitan, jadi kami tidak tahu. Kami berharap Zaenuri Ahmad bisa segera ditemukan," katanya.

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2015

http://www.antaranews.com/berita/489510/tim-sar-tambah-personil-cari-mahasiswa-tersesat-di-sindoro
________________________


Hilang di Gunung Sindoro, Zaenuri Ahmad Belum juga Ditemukan
Nasional | Selasa, 7 April 2015 | 13:48 WIB

Seorang pendaki, Zaenuri Ahmad (20) mahasiswa di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersesat dan hilang dalam pendakian di Gunung SIndoro Jawa Tengah, sejak Kamis, (2/4/2015).

Ia hilang karena diduga tersesat saat kabut putih mengepung jalur pos 4 atau pos terakhir menuju ke puncak gunung berketingggian 3.150 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Saat hilang, ia tengah melakukan pendakian ke puncak Sindoro bersama enam temannya.

Hingga memasuki hari kelima, Selasa (7/4/2015) pencarian pendaki yang hilang di Gunung Sindoro dilakukan secara besar-besar.

Sebanyak 7 Search and Rescue Unit (SRU) tim SAR gabungan dari berbagai unsur dikerahkan menyisir seluruh kawasan hutan dan lembah di Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah.

"Ada sekitar 62 personel yang diterjunkan hari ini," kata Koordinator SAR Grasindo, Upin, Selasa.

Upin menjelaskan, 7 SRU dibagi dalam tiga zona wilayah pencarian, satu SRU menyisir dari bawah bagian barat, satu SRU menyisir dari bawah puncak gunung dan lima SRU lainnya menyisir dari bawah arah timur hingga ke puncak Gunung Sindoro.

"Dua hari ini operasi pencarian akan dimaksimalkan, semua tim SAR akan menyisir lembah, sungai dan jalur pendakian," papar Upin.

Kiki Kurnia

http://s.galamedianews.com/nasional/16678/hilang-di-gunung-sindoro-zaenuri-ahmad-belum-juga-ditemukan.html

_________________________

Update 7 April 2015: Pendaki Sindoro Hilang 2/3 April 2015: Kronologis Hilang

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:03:06 WIB
1. Kronologi hilangnya #Survivor akan coba kami ceritakan detailnya, supaya bisa menjadi pelajaran untuk semuanya

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:06:18 WIB
2. 7 pendaki yang berangkat bareng dr Jogja menuju Basecamp #Sindoro pada hari Rabu sore dalam keadaan sehat dan bekal lengkap

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:08:00 WIB
3. Sesampainya di basecamp ke7nya melakukan registrasi dan saling foto di depan basecamp #Sindoro dan beristirahat utk pendakian Kamis pagi

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:09:16 WIB
3. Tepat jam 5.30 pada hari kamis semua berangkat saling beriringan #Sindoro saat itu cuaca cerah

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:12:21 WIB
4. Perjalanan awalnya lancar sampai pos 3 #Sindoro dan mereka ambil waktu istirahat sejenak sekitar jam 10 di pos tsbt

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:14:50 WIB
5. Karena tdk ada niatan untuk ngecamp mereka bergegas bagi tugas di pos 3 itu untuk bergantian menuju pos 4 sekaligus summit attacks

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:22:51 WIB
6. Mereka buat formasi 1-2-1-3 | 1 Yg berjalan dl ke puncak. 2 yang berjalan di belakangnya jarak 30 menit. 1 Survivor dan 3 Penjaga tenda

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:24:40 WIB
7. Survivor berjalan dibelakang ke duanya tetapi ketika di padang edelwais survivor sempat bareng dg keduanya bahkan mendahuluinya

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:26:20 WIB
8. Yang pertama tadi sudah sampai puncak jam 12.00, disusul survivor dibelakangnya dg jarak 1 jam dan saat itu kabut tebal datang

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:28:06 WIB
9. Karena Survivor mulai samar terlihat oleh ke 2 teman dibelakangnya. Keduanya mulai teriak memanggil survivor jaraknya sekitar 100meter

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:31:15 WIB
10. Saat itu survivor sempat menyahut dg tertutup kabut tebal dan itu terakhir kontak mata dg ke2 teman dibelakangnya

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:32:27 WIB
11. Karena kabut sangat tebal ke2 teman survivor mengambil inisiatif berhenti. Tidak menyusul survivor yg saat itu tertutup kabut

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:33:42 WIB
12. Setelah 15menit kabut mulai menghilang dan kedua teman survivor yg dibelakangnya melanjutkan perjalanan ke puncak

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:35:40 WIB
13. Jam 13 keduanya sudah mulai sampai di puncak dan bertemu dg teman yang pertama tadi sudah sampai duluan. Tapi survivor tdk ada disana

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:37:13 WIB
14. Mereka saling tanya keberadaan survivor karena survivor dikira sudah sampai dulu drpd keduanya yg tadi dibelakang survivor

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:38:54 WIB
15. Mrk berinisiatif menunggu sampai jam 14 di puncak. Krn tidak kunjung datang mereka turun ke tenda pos 3 dg meninggalkan secarik kertas

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:40:27 WIB
16. Kertas itu bertuliskan 'tak tunggu di pos 3 ya (tempat istirahat mereka)' yg ditindih dg batu di sekitaran puncak yg sekiranya terlihat

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:42:55 WIB
17. Setelah turun ke pos 3. Teman survivor menunggu sampai jam 15.00 dan hasilnya survivor tidak kunjung datang bersama mereka.

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:44:32 WIB
18. Saat itu jg mereka bagi tugas. Yang tadi jaga tenda untuk turun ke basecamp melaporkan kejadian ini karena saat itu sinyal kurang baik

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:46:24 WIB
19. Sesampainya di basecamp Kamis jam 17.45 ada sms masuk dari survivor yg bertuliskan 'bro kowe nandi? Aq tersesat neng aliran sungai iki'

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:48:45 WIB
20. Survivor mengirim sms jam 15.15 tapi baru terkirim jam 17.45 saat temannya di basecamp |sewaktu dibalas ke no survivor tdk terkirim

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:50:08 WIB
21. Tidak berselang lama sms ke2 survivor masuk 'aq tak ngenteni kowe wae nang cedak aliran sungai iki' tapi dibalas tdk masuk lagi

Sindoro Sumbing @Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:51:48 WIB
22. Teman yg melapor ke basecamp mencoba hubungi teman yg masih di pos3. Tetap hasilnya survivor belum kembali ke tempat mereka

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:52:45 WIB
23. Karena hari mulai gelap mereka mulai koordinasi dg Grasindo dan warga setempat utk menyusul ke pos3 dimana rombongan mereka berada

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:54:31 WIB
24. Saat itu juga status teman mereka yg bernama Zaenuri Ahmad asal Klaten hilang dan pihak basecamp mulai cari bantuan utk pencarian

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 11:58:46 WIB
25. Sampai saat ini Selasa 7/4 jam 11.57 Survivor belum diketemukan | yang lebih bikin hati kami nelangsa survivor tdk bawa bekal

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 12:01:12 WIB
26. Krn saat summit attacks survivor meninggalkan barang bawaan di pos3 dan kasihannya tdk pakai jaket saat survivor dinyatakan hilang

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 12:02:49 WIB
26. Survivor hanya bermodalkan kaos panjang garis merah,hitam dan putih, celana jeans, sandal gunung hitam tanpa kaos kaki

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 12:12:43 WIB
27. Ini foto saat tiba di basecamp (kanan hoodie biru) dan yg sempat di foto satu temannya di perjalanan (kiri) pic.twitter.com/KoXfpJiPBJ

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 12:16:12 WIB
Doa terbaik dari teman2 semuanya semoga membuahkan hasil terbaik di operasi besar-besaran dari hari ini 7/4 sampai Rabu sore 8/4. Amin

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 23:04:10 WIB
Tidak bs membayangkan kondisi survivor saat ini. Kami saja kedinginan bukan main bbrp terakhir ini pdhl sdh mmakai pakaian hangat

@Sindoro_Sumbing
07/04/2015 22:59:58 WIB
Di jalur nggergondok aliran sungai ditemukan senter dan jam tangan. Tp bukan milik survivor stlh ditanyakan ke teman rombonganya.

http://chirpstory.com/li/260837

________________________


Pendaki Sindoro Hilang 2/3 April 2015

Minggu Pagi, Pencarian Pendaki Hilang Gunung Sindoro Dilanjutkan
Minggu, 5 April 2015 | 06:43 WIB

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Proses pencarian terhadap Frizal Ahmad (22), pendaki yang hilang di Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah, hingga Sabtu (4/4/2015) malam belum juga membuahkan hasil. Operasi pencarian dilanjutkan pada Minggu (5/4/2015) pagi.

Menurut personel Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Semarang, Rindang Kristyanto, area pencarian yang akan disisir berada di sekitar Pos 3 yang berada di etinggian 2.275 Mdpl. Lokasi tersebut bukan jalur pendakian melainkan sungai sumber air.

"Kami curiga korban berada di sekitar sungai yang ada sumber airnya tersebut," kata Rindang, Sabtu (4/4/2015) malam.

Skenario yang akan ditempuh untuk mencapai lokasi dimaksud, ungkap Rindang, regu penyelamat akan bermula dari titik tolak di Pos Kledung. Kemudian personel SAR gabungan akan melewati Pos 1, Pos 2, dan Pos 3. Dari Pos 3 mereka akan berjalan naik menuju wilayah Batutata, kemudian belok ke kiri atau turun.

"Bukan yang ke arah kanan, karena kalau ke kanan berarti ke arah puncak," imbuhnya.

Setelah sampai di lokasi itu selanjutnya tim akan melakukan penyapuan dengan teknik open greet, yaitu teknik pencarian di mana tim SAR membentuk formsi berjajar melebar dengan jarak dua sampai tiga meter. Kemudian berjalan bersama-sama diarea yang sudah ditentukan.

"Koordinat area operasi pencarian yang direncanakan akan dilakukan besok pagi adalah, titik A 389;20 - 9192;48, titik B 389;85 - 9192;08, titik C 389;46 - 9192;92, dan titik D 389;10 - 9192;50," ulasnya.

Seorang pendaki asal Klaten, Frizal Ahmad (22), dikabarkan hilang dalam pendakian ke Gunung Sindoro, Temanggung, sejak Jumat (3/4/2015) pukul 03.00 dini hari. Upaya pencarian terhadap Frizal hingga, Sabtu (4/4/2015) petang, belum membuahkan hasil.

Yang bersangkutan diduga tersesat setelah terpisah dari rombongan sesama pendaki asal Universitas Islam Negeri (UIN) Kalijaga Yogyakarta belum juga ditemukan.
Penulis : Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Editor : Tri Wahono

http://regional.kompas.com/read/2015/04/05/06432211/Minggu.Pagi.Pencarian.Pendaki.Hilang.Gunung.Sindoro.Dilanjutkan

___________________________

Terpisah dari Rombongan, Seorang Pendaki Gunung Sindoro Hilang
Minggu, 5 April 2015 | 01:55 WIB


TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Seorang pendaki asal Klaten, Frizal Ahmad (22), dikabarkan hilang dalam pendakian ke Gunung Sindoro, Temanggung, sejak Jumat (3/4/2015) pukul 03.00 dini hari.

Upaya pencarian terhadap Frizal hingga Sabtu (4/4/2015) malam belum membuahkan hasil.

Yang bersangkutan diduga tersesat setelah terpisah dari rombongan sesama pendaki asal Universitas Islam Negeri (UIN) Kalijaga Yogyakarta.

Rindang Kristyanto, personel Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Semarang mengatakan, anggota tim rescue yang diterjunkan untuk mencari pendaki yang hilang tersebut berjumlah 10 orang.

Mereka bergabung dengan tim lainnya dari Basarnas, BPBD, SAR Temanggung, SAR DIY, relawan, serta warga setempat yang dibagi menjadi tiga grup.

"Tiga grup tadi jumlahnya lebih dari 56 orang. Hari ini grup 1 dan grup 2 menginap di atas, adapun grup tiga bersama sekitar 20 warga turun. Mereka kehabisan logistik karena sudah berada diatas sejak kemarin," kata Rindang, Sabtu (4/4/2015) petang.

Dari informasi yang dihimpun, pendaki yang hilang, Frizal Ahmad (22) mulai melakukan pendakian bersama enam rekan dari Pos Kledung, Kamis (2/4/2015) lalu.

Keenam rekannya yang kembali dengan selamat adalah Agus Muhamad Irsyad, Muhamad Saifidin, Rida Hidayah Pratiwi, M Adlan Syah, Bekti Solehudin, dan Muhamad Naufal.
Penulis : Kontributor Ungaran, Syahrul Munir
Editor : Tri Wahono
_______________________________

Begini Kronologi Hilangnya Pendaki UIN Kalijaga di Gunung Sindoro
Minggu, 5 April 2015 19:37

Laporan Reporter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Humas Sekber Perpimpunan Pecinta Alam (PPA) DIY Mario M.A Neolaka menjabarkan kronologi hilangnya pendaki mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Ahmad Zaenuri di Gunung Sindoro. Peristiwa bermula saat ia bersama enam rekan lainnya berangkat mendaki dari base camp jalur pendakian Kledung, Kamis (2/4) pagi pukul 05.30.

Adapun enam orang pendaki lainya adalah Agus M Irsat, M Sayfidin, Ridlan Hidayah Prawiti, M Adlansyah, Bekti Salahudin, dan M Naufa.

Ketujuh orang tersebut lantas beristirahat di area Batu Tatah dimana terdapat ladang bunga edelweis, sekitar pukul 12.30. Area berbatu tersebut berjarak dua jam perjalanan dari puncak Gunung Sindoro.

"Di sana mulai ada keraguan dari beberapa pendaki, dan dua orang akhirnya mengurungkan niatnya dan tetap tinggal Batu Tatah untuk menjaga tas milik pendaki yang lain," terangnya.

Selanjutnya kelima orang pendaki, termasuk Ahmad Zaenuri lantas melakukan perjalanan ke puncak gunung Sindoro. Akan tetapi saat perjalanan, mereka dipisahkan jarak yang terlalu jauh dari pendaki satu ke pendaki yang lainnya.

Hingga pada pukul 15.00 kabut mulai turun di area gunung dan menghalangi jarak pandang para pendaki.

http://jogja.tribunnews.com/2015/04/05/begini-kronologi-hilangnya-pendaki-uin-kalijaga-di-gunung-sindoro
___________________________________

Lokasi Penemuan Korban: -7.300056, 110.014722
News source link
Credibility: UP DOWN 0


Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
The Captcha library requires GD2 with FreeType support. Please see http://php.net/gd_info for more information.