Verified

Update 16 Mei 2015; #SARRinjani 15 Mei 2015: Patric Lehman (Prancis) dan Joan (Spanyol) Hilang saat Daki Gunung Rinjani: Berhasil Selamat

Lokasi     : Rijani
Tanggal     : May 16 2015
Jam     : 14:38 | WIB

Detail Informasi
Update 16 Mei 2015; #SARRinjani 15 Mei 2015: Patric Lehman (Prancis) dan Joan (Spanyol) Hilang saat Daki Gunung Rinjani: Berhasil Selamat

16 Mei 2015; BASARNAS:
2 WNA YANG TERSESAT DI GUNUNG RINJANI BERHASIL SELAMAT

MATARAM --- Dua warga negara asing yang dikabarkan tersesat di Gunung Rinjani berhasil menyelamatkan diri. Saat tim rescue Kantor SAR Mataram dan pos SAR Khayangan melakukan pencarian dari jalur pendakian Senaru dan Sembalun, kantor SAR Mataram menerima informasi dari korban via telepon pada hari Jumat (15/5) pukul 12.48 WITA bahwa mereka dalam keadaan selamat dan sudah tidak membutuhkan pertolongan SAR karena sudah berada di luar area Gunung Rinjani.

Pencarian sendiri telah dilakukan dari hari Kamis (14/5) berdasarkan laporan yang diterima dari Brigadir Hariyanto, petugas piket Polres Lombok Barat pada pukul 18.30 WITA. Adapun data-data kedua korban atas nama Patrice Lehman (33) laki-laki warga Prancis dan Joan (33) laki-laki warga negara Portugal. Berdasarkan informasi dari ibu Yeni (keluarga Patrice), mereka sudah berada/tersesat dari hari Selasa (12/5) yang lalu, tidak menggunakan jasa porter dan hanya mengandalkan GPS dari HP sebagai penunjuk jalan. Dengan telah selamatnya kedua korban, pukul 18.15 WITA operasi SAR terhadap 2 warga negara asing yang tersesat di Gunung Rinjani dinyatakan ditutup. (lanang)
_________________________________
#SARRinjani 15 Mei 2015: Patric Lehman (Prancis) dan Joan (Spanyol) Hilang saat Daki Rinjani; Ditemukan Selamat

Lima Hari Hilang di Rinjani, Dua Pendaki Asing Ditemukan
Keduanya pendaki asal Perancis dan Spanyol.

Jum'at, 15 Mei 2015 | 14:36 WIB
Oleh : Bayu Adi Wicaksono

VIVA.co.id - Dua pendaki asal Perancis dan Spanyol yang sempat tersesat dan hilang saat melakukan pendakian ke Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, akhirnya berhasil ditemukan.

"Keduanya sudah berhasil ditemukan, dan sekarang sudah berada di bawah," kata Kepala Seksi Operasi SAR Mataram, Wahyu Ependi kepada VIVA.co.id, Jumat 15 Mei 2015.

Kedua pendaki yang teridentifikasi bernama Patrick Lehman dan Juan itu ditemukan dalam pencarian di sekitar jalur pendakian Sembalun. "Mereka ditemukan dalam kondisi selamat dan baik," jelas Wahyu.

Wahyu menjelaskan, keduanya melakukan pendakian sejak Senin 11 Mei 2015, dan baru dilaporkan tersesat tiga hari berikutnya. "Teman mereka dari Jakarta, yang melaporkan pada kami," katanya.

Lehman dan Juan tersesat, karena tidak mengenali jalur pendakian dan tidak membawa porter.

Saat ini, keduanya masih menjalani pemeriksaan medis dari tim SAR di pos pendakian Sembalun. (asp)


___________________________________

#SARRinjani 15 Mei 2015: Patric Lehman (Prancis) dan Joan (Spanyol) Hilang saat Daki Gunung Rinjani

2 Turis Asing Hilang saat Daki Gunung Rinjani Lombok
on 15 Mei 2015 at 10:28 WIB

Liputan6.com, Jakarta - 2 Turis asing dilaporkan hilang kala mendaki Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Keduanya yakni turis Prancis bernama Patric Lehman dan seorang warga Spanyol, Joan.

"Kami mendapat laporan dari keluarga kedua wisatawan itu yang sekarang berada di Jakarta. Mereka menelepon kemarin sore, minta bantuan pencarian keluarganya," kata Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Mataram Putu Cakra di Mataram, Lombok, NTB, Jumat (15/5/2015).

Basarnas menduga, kedua wisatawan itu melakukan pendakian tanpa melalui prosedur resmi. Ini karena nama mereka tidak tercatat dalam buku tamu yang wajib diisi pendaki yang melalui pintu pendakian Sembalun di Lombok Timur dan jalur pendakian Senaru di Lombok Utara.

"2 Wisatawan itu juga diduga tidak memakai jasa porter dan guide (pemandu). Kalau mereka pakai jasa pemandu wisata, kemungkinan besar mereka tidak akan tersesat," ujar Cakra.

Dia mengatakan, petugas sedikit mengalami kesulitan dalam melakukan pencarian karena tidak tahu jalur pendakian yang digunakan kedua turis asing tersebut.

Basarnas Mataram sudah mengerahkan 2 tim yang masing-masing beranggotakan 10 orang untuk melakukan pencarian dari pintu masuk jalur pendakian Sembalun dan jalur pendakian Senaru.

Tim juga sudah menyebar foto dan identitas kedua wisatawan asing tersebut kepada para porter di pintu masuk jalur pendakian Rinjani.

"Kami berharap para porter yang membantu pendakian memberikan informasi kepada Basarnas jika menemukan kedua wisatawan asing itu," pungkas Cakra. (Ant/Ndy/Sss)
____________________________

15 Mei 2015 BASARNAS:
2 WARGA NEGARA ASING TERSESAT SAAT MENDAKI DI GUNUNG RINJANI
Dua (2) orang warga negara asing dikabarkan tersesat di gunung Rinjani. Kabar tersebut diterima Kantor SAR Mataram dari laporan Brigadir Hariyanto, petugas piket Polres Lombok Barat pada hari kamis (14/05) pukul 18.30 wita. Kedua korban atas nama Patrice Lehman (33) warga Prancis dan Joan (33) warga negara Portugal. Kantor SAR Mataram memberangkatkan 2 tim rescue yaitu tim rescue Kantor SAR Mataram berangkat menuju lokasi melalui jalur Senaru dan tim rescue pos SAR Khayangan melalui jalur Sembalun untuk melakukan pencarian.
Menurut informasi dari ibu Yeni yang merupakan keluarga Patrice, mereka sudah berada/tersesat dari 2 hari yang lalu, tidak menggunakan jasa porter dan hanya mengandalkan GPS dari HP sebagai penunjuk jalan. Sampai dengan berita ini diturunkan, nama mereka tidak terdaftar di kantor Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dan jalur serta waktu pendakiannya belum bisa dipastikan. (lanang)
Credibility: UP DOWN 0


Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
The Captcha library requires GD2 with FreeType support. Please see http://php.net/gd_info for more information.