Verified

WARNING KARANGANYAR: 5/12/2012: Dusun Guyon, Desa Tengklik, Kec. Tawangmangu: 123 KK Terancam Longsor

Lokasi     : Tengklik karanganyar
Tanggal     : Dec 5 2012
Jam     : 14:03 | WIB

Detail Informasi
KARANGANYAR (KRjogja.com) - Sebanyak

1. 123 kepala keluarga (KK) di Dusun Guyon, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, terancam jiwanya karena longsor.

2. Sejumlah titik tanah di wilayah tersebut mulai ambles seiring hujan deras beberapa hari terakhir.
Bahkan, titik rekahan tanah juga muncul di jalan utama desa yang menghubungkan Dusun Tengklik dengan Dusun Ngemplak.

3. Akses jalan keluar dusun tersebut menjadi terancam karena kondisi jalan sudah ambles hingga sekitar 30 centimeter.

4. Amblesnya tanah terjadi sepekan terakhir seiring hujan yang terus turun setiap hari. "Awalnya hanya retakan, kemudian melebar dan jalan ambles merekah. 123 KK di Dusun Guyon dan Ngemplak terancam keselamatannya. Saat ini mereka sudah siap mengungsi dan menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu terjadi tanah longsor ( Ket. Kepala Desa Tengklik, Senen Darsono 5/12/2012).

5. Selain jalan utama desa,tanah ambles juga terjadi di wilayah Dusun Guyon bagian timur. Tanah di wilayah tersebut sudah ambles sampai 11 meter. Karena kondisi tanah sudah mengkhawatirkan, 43 KK yang tinggal di wilayah tersebut direlokasi ke tempat yang lebih aman. "Warga di Guyon Timur sudah pindah ke lokasi lain di Tengklik. Ada juga yang pindah ke lahan milik saudaranya. Relokasi dilakukan secara mandiri ( Ket. Kepala Desa Tengklik, Senen Darsono 5/12/2012).

6. 2 rekahan tanah baru ditemukan di Dusun Guyon, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu yang menjadi lokasi rawan tanah longsor.

7. Sejumlah warga yang berdomisili di sekitar lokasi rawan tanah longsor memilih mengungsi saat terjadi hujan selama berjam-jam.

8. Rekahan tanah tersebut terjadi sejak beberapa hari lalu saat terjadi hujan dengan intensitas lebat. Selain itu, terjadi kemiringan di jalan utama menuju Balai Desa Tengklik. Pergerakan tanah di Dusun Guyon, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu terjadi sejak pertengahan November silam. Pergerakan tanah tersebut semakin terasa kian hari. Tanah yang ambles hingga 11 meter sejak 2007 lalu menjadi lokasi paling rawan terjadi bencana tanah longsor..

9. emerintah Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu meminta warganya untuk mewaspadai pergerakan tanah yang semakin terasa saat terjadi hujan. Menurutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar untuk mengantisipasi apabila terjadi pergerakan tanah berskala besar yang mengakibatkan tanah longsor. Selain itu, sosialisasi kepada warga juga telah dilakukan agar mereka dapat mengevakuasi diri sendiri saat terjadi pergerakan tanah.

10. BPBD Karanganyar menyiapkan dua jalur untuk mengevakuasi warga. Dua jalur tersebut menuju Balai Desa Tengklik.

LatLong: Dusun Guyon, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu.
Credibility: UP DOWN 0


Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
The Captcha library requires GD2 with FreeType support. Please see http://php.net/gd_info for more information.