Verified

Update 10/8/14: Rinjani 9/8/14: Mario Alpanso Rodriguez, Warga Republik Dominika Meninggal

Lokasi     : Rinjani
Tanggal     : Aug 10 2014
Jam     : 14:58 | WIB

Detail Informasi
Wisatawan Mancanegara Tewas di Gunung Rinjani
Wisatawan Mancanegara Tewas di Gunung Rinjani

LOMBOKSATU-Seorang wisatawan mancanegara, Mario Alvonso Rodrigues Monegro (26), warga Negara Dominca Revobelik tewas terjatuh ke jurang sedalam 15 meter saat pulang mendaki bersama temannya di wilayah Pelawangan, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Sabtu (09/8/2014), sekitar pukul 20.30 wita.

Disebutkan, mayat wisatawan tersebut baru bisa dievakuasi dari tempatnya terjatuh sekitar pukul 24.00 wita. Untuk kemudian dibawa ke Puskesmas Sembalun sebelum dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.R.Soejono Selong sebelum dipulangkan ke negara asalnya.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan menyebutkan pada malam itu, korban bersama temannya pulang melakukan pendakian di gunung Rinjani ditemani para porter, kemudian pada saat memasuki wilayah Pelawangan, korban terpeleset kakinya dan jatuh ke jurang.

Disebutkan, korban diduga kuat terjatuh karena kelelahan sehabis mendaki gunung, dan meninggal karena kepalanya terbentur batu. “Korban baru bisa dievakuasi jasad setelah 3,5 jam, dan langsung dibawa ke Puskesmas dan dirujuk ke RSUD dr.R.Soejono Selong untuk diamankan di kamar jenazah sebelum pihak keluarga mengambil mayat korban.

Kapolres Lotim melalui Kasubag Humas, Iptu Komang Samia dikonfirmasi membenarkan adanya laporan meninggalnya salah seorang wisatawan mancanegara yang jatuh ke jurang sungai di wilayah Pelawangan saat pulang melakukan pendakian dari Gunung Rinjani.

"Jasad korban sekarang berada di kamar rumah sakit untuk diamankan sebelum dibawa pulang sama keluarganya ke negara asal tempat wisatawan tersebut," terang Komang Samia.
__________________

Warga Republik Dominika Tewas di Gunung Rinjani
Minggu, 10 Agustus 2014 14:56 wib

MATARAM- Seorang pendaki Gunung Rinjani, Mario Alpanso Rodriguez (26), warga negara Republik Dominika, tewas di jalur pendakian.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Agus Budiono, yang dihubungi melalui telepon genggamnya di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu, membenarkan peristiwa tersebut.

"Dari informasi sementara yang saya terima, korban awalnya sedang dalam kondisi sakit ketika melakukan pendakian dan meminta tolong untuk segera dievakuasi secepatnya, akhirnya ada tukang ojek yang naik untuk mengevakuasi," katanya, Minggu (10/8/2014)

Ketika dalam perjalanan dari pos dua, kata dia, korban mengalami kecelakaan dan kemungkinan terperosok ke dalam jurang sehingga menyebabkan wisatawan asing tersebut meninggal dunia.

"Namun kami masih belum berani memastikan apakah memang benar meninggal dunia karena kecelakaan atau ada penyebab lain. Kami masih menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian," ujarnya.

Mario Alpanso Rodriguez diketahui melakukan pendakian ke Gunung Rinjani seorang diri pada Jumat (8/8), melalui jalur Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Jenazah warga negara asing itu dievakuasi oleh puluhan porter, petugas kesehatan dan petugas TNGR dari lokasi kejadian, kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selong, Kabupaten Lombok Timur.

"Informasi yang saya terima korban akan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB, tapi saya belum tahu pasti kapan karena saya juga masih mengumpulkan keterangan-keterangan dari lapangan," ucap Agus.

Menurut dia, kendaraan bermotor dilarang masuk ke jalur pendakian, namun entah karena alasan apa, sehingga ada warga yang berani membawa sepeda motor untuk melakukan evakuasi.

"Selama ini kami tidak membolehkan kendaraan naik ke jalur pendakian karena medannya berat dan terjal, apalagi tengah malam. Tapi untuk lebih jelasnya, kami menunggu hasil penyelidikan polisi," kata Agus. (ant//ugo)
Credibility: UP DOWN 0


Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
The Captcha library requires GD2 with FreeType support. Please see http://php.net/gd_info for more information.