Verified

Update 10/12/14: Longsor Kuningan 8/12/14: Desa. Gunung Manik Kec. Ciniru; 1 unit Jembatan Roboh

Lokasi     : Gunung Manik
Tanggal     : Dec 10 2014
Jam     : 20:24 | WIB

Detail Informasi
Update 10/12/14: Longsor Kuningan 8/12/14: Desa. Gunung Manik Kec. Ciniru; 1 unit Jembatan Roboh

Ruas Jalan Andalan Menuju Desa Gunungmanik Putus Tergusur Longsor
Rabu, 10/12/2014 - 19:35

KUNINGAN, (PRLM).-Ruas jalan desa andalan penghubung antara kota Kecamatan Ciniru dengan Desa Gunungmanik, di Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, kini putus tergusur longsor di perbukitan Blok Dangdeur, wilayah desa tersebut.

Akibatnya permukiman warga tiga dusun di desa yang berjarak sekitar 30 Kilometer dari ibu kota Kabupaten Kuningan itu, kini tidak bisa diakses mobil.

Menurut sejumlah warga Desa Gunungmanik, serta laporan yang diperoleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan, longsor memutus ruas jalan tersebut terjadi pada saat hujan lebat, Senin (8/12/2014) sekitar pukul 17.00 WIB.

Teramati "PRLM", Rabu (10/12/2014) titik longsor itu berada pada bagian alur jalan ujung jembatan melintasi lembah perbukitan.

Area longsor itu menyita pondasi jalan serta tanah tumpuan ujung jembatan. Lebar alur jalan yang semula bisa dilewati mobil kecil berpapasan di titik area longsor itu, kini hanya menyisakan separuh bahunya dan hanya bisa dilewati sepeda motor. Selain itu, bentangan jembatannya kini dalam posisi terancam ambruk.

Suhandi (56) warga Desa Gunungmanik dan guru Sekolah Dasar Gunungmanik Samhuri (46), serta sejumlah warga Desa Gunungmanik yang sedang berada di lokasi longsor tersebut, menyebutkan, Desa Gunungmanik selama ini terakses dua ruas jalan.

Satu ruas jalan utama dari kota Kecamatan Ciniru melalui Desa Cijemit, dan satu ruas jalan alternatif dari kota kecamatan itu melalui Desa Pinara.

"Ruas jalan ini adalah ruas jalan utamanya. Selain kondisi jalannya lebih bagus, jaraknya juga jauh lebih dekat ketimbang jalan alternatif melalui Desa Pinara," kata Samhuri, dibenarkan juga sejumlah warga desa tersebut.

Di samping itu, menurut Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kuningan Ayip Sutrisno, ruas jalan alternatif akses ke Desa Gunungmanik melalui Desa Pinara, saat ini tidak bisa dilalui mobil.

"Oleh karena itu, titik longsor memutus jalan utama menuju Desa Gunungmanik itu, harus bisa secepatnya ditanggulangi, langung dengan upaya penanganan permanen. Masalahnya, beradasarkan hasil kajian sementara tim dari Dinas Bina Marga, tingkat kerusakan dan medan di area longsor itu, tidak memungkinkan untuk cara-cara dan bentuk penanganan fisik darurat," kata Ayip Sutrisno.

Terkait dengan itu, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin, menyatakan pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan.

"Untuk menyambungkan kembali jalan yang terputus longsor di Desa Gunungmanik itu, Dinas Bina Marga Kuningan, sekarang sedang melakukan dulu kajian untuk menentukan teknis penanganannya," kata Agus Mauludin.

Sementara itu, berdasarkan laporan yang terhimpun BPBD Kuningan, hujan lebat pada Senin (8/12/2014) sore hingga malam, juga telah mengakibatkan longsor di beberapa desa lainnya.

Di antaranya, satu titik longsor menimbun bagian ruas jalan di Dusun Harjamukti, Desa Pasiragung, dan satu titik longsor menimpa rusak sebuah rumah penduduk di Dusun Pahing, Desa Bunigeulis, Kecamatan Hantara. Kemudian, bencana pergerakan tanah mengancam roboh tiga rumah penduduk di Desa Sumberjaya, Kecamatan Ciwaru.(Nuryaman/A-89)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/307959
____________________________

Longsor Kuningan 8/12/14: Desa. Gunung Manik Kec. Ciniru; 1 unit Jembatan Roboh



Bencana : Tanah Longsor
Tanggal : 2014-12-08 16:50 WIB
Posisi : 108.505 -7.05241
Wilayah : Ds. Gunung Manik Kec. Ciniru Kab. Kuningan Prov. Jawa Barat
Korban : Nihil
Pengungsi :
Kerusakan : 1 unit Jembatan Roboh
Kebutuhan :
Penanganan : *Kronologis : akibat hujan deras *Upaya : BPBD Kab. Kuningan bekerjasama dengan warga setempat membersihkan material longsoran
Akses Komunikasi :
Kontak Penting :
Sumber : BNPB
Kode Bencana :
News source link
Credibility: UP DOWN 0


Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
The Captcha library requires GD2 with FreeType support. Please see http://php.net/gd_info for more information.