Verified

#Kelud Malang, Desa Pandansari 7/3/14; 2 Relawan, Surya Herdianto dan Rahmatullah Rais Meninggal

17:55 Mar 8 2014 Pandansari, Ngantang, Malang, East Java, Indonesia

Description
#Kelud Malang, Desa Pandansari 7/3/14; 2 Relawan, Surya Herdianto dan Rahmatullah Rais Meninggal

Ini Kronologi Meninggalnya 2 Mahasiswa Yogyakarta Relawan Kelud
Sabtu, 8 Maret 2014 | 05:52 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Dua mahasiswa yang menjadi relawan penanganan bencana letusan Gunung Kelud di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, meninggal akibat tersengat aliran listrik, Jumat (7/3/2014) pagi. Berikut ini adalah kronologi dari insiden tersebut.

"Keduanya membantu korban kelud di Desa Pandansari, bersama rombongan relawan lainnya sejak 28 Februari 2014," ujar Kasubag Humas Polresta Batu, AKP M Yantofan, Jumat. Mereka, kata dia, tersengat aliran listrik sekitar pukul 09.30 WIB.

Dua mahasiswa tersebut adalah Surya Herdianto (25) dan Rahmatullah Rais (25). Surya berasal dari Lampung dan kuliah di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Adapun Rahmatullah berasal dari Serang, Banten, merupakan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

Menurut Yantofan, pada saat kejadian Surya dan Rahmatullah menurunkan rangkaian antena radio. Rangkaian tersebut tersusun dari pipa sepanjang 10 meter dan antena itu sendiri sepanjang 3 meter.

"Karena tidak kuat, pipa dan antenanya roboh. Lalu menimpa kabel listrik tegangan tinggi milik PLN," kata Yantofan. Surya dan Rahmatullah pun tersengat aliran listrik. Rangkaian antena tersebut, ujar Yantofan, berada di Balai Dusun Sambirejo, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang.

Kepala Desa Pandansari, Sitin, mengatakan dua mahasiswa tersebut beserta teman-teman relawan lain sudah bersiap meninggalkan desa tersebut, Jumat pagi. "Tapi, sebelum pulang, mereka ikut membantu membetulkan antena. Tapi malah terkena setrum," kata dia saat dihubungi melalui telepon.


Penulis : Kontributor Malang, Yatimul Ainun
Editor : Palupi Annisa Auliani


__________________________


Dua Relawan Letusan Gunung Kelud Meninggal Dunia
Tersengat listrik saat membantu menurunkan perangkat radio komunikasi.
Jum'at, 7 Maret 2014, 22:01

VIVAnews - Dua relawan kemanusiaan bencana letusan Gunung Kelud meninggal dunia setelah tersengat listrik hari ini. Mereka saat itu berupaya menurunkan perangkat radio komunikasi dari menara pemancar, yang terletak di desa Pandansari, kecamatan Ngantang, kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kedua korban bernama Rahmatullah Rais (Setrajana, Fisipol UGM) dan Suryo Hardianto (Bangkel, Universitas Sarjawiyata, Tamansiswa), yang tergabung dalam tim Relawan Sekber PPA DIY. Mereka sempat dibawa ke Puskesmas Pembantu Banturedjo Malang guna mendapatkan perawatan pertama.

Namun nyawa mereka sudah tidak dapat tertolong saat berada di Puskesmas. Kedua korban selanjutnya dibawa ke RSU Syaiful Anwar untuk diautopsi.

"Pada pukul 16.30 WIB seluruh Tim Relawan Sekber PPA DIY berangkat dari Ngantang menuju ke RSU Saiful Anwar Malang. Saat ini seluruh anggota Tim Relawan Sekber PPA DIY sudah berkumpul di RSU Syaiful Anwar untuk memberi penghormatan terakhir dan persiapan pemulangan jenazah," kata M Ghozali Mukjizat S, Sekretaris Jendral Sekber PPA DIY dalam keterangan tertulis kepada VIVAnews hari ini.

Kedua jenazah akan dipulangkan ke rumah duka masing-masing besok pagi melalui Bandara Abdurrahman Saleh, Kota Malang. Rahmatullah Rais ke Serang Banten dan Suryo Hardianto ke Gunungsugih, Lampung Tengah.

Sekber PPA DIY, kata Ghozali memberikan penghargaaan dan ucapan terima kasih kepada Pangdam Brawijaya, Kapolda Jatim, BNPB, Dandim Malang, Kapolresta malang, Kepala BPBD Malang, Dinkes Malang dan pihak lainya yang telah memberikan bantuan dan dukungan pengurusan dan pemulangan jenazah kedua korban menuju ke rumah duka masing–masing.

Tim Relawan Sekber PPA DIY diterjunkan untuk membantu pembersihan rumah warga masyarakat desa Kutut, Pandansari, Ngantang, Kab Malang dan pemetaan kondisi jaringan SPAM (Sistem Penyaluran Air Bersih) pasca letusan Gunung Kelud. (ren)


© VIVA.co.id

_________________________

Dua Relawan Kelud di Ngantang Meninggal saat Bertugas
Jum'at, 7 Maret 2014 - 14:49 wib

MALANG - Dua relawan yang bertugas untuk penanganan pascaletusan Gunung Kelud meninggal dunia akibat kecelakaan kerja saat bertugas di Dusun Kutut, Desa Pandansari, Ngantang, Malang, Jawa Timur. Saat ini kedua jenazah dalam perjalanan menuju kamar mayat RSSA Malang.

Berdasarkan informasi, Surya Hardianto dan Rahmatullah Rais tewas akibat tersengat listrik. Semula keduanya menurunkan antena radio terbuat dari besi yang tingginya mencapai 15 meter.

Tiba-tiba antena tersebut roboh dan menimpa tiang listrik yang masih dialiri listrik, meski aliran listrik ke rumah-rumah penduduk masih mati.

"Tadi menurunkan antena radio komunikasi," ujar Ketua Jangkar Kelud, Parno, di Desa Pandangsari, Jumat (7/3/2014).

Korban sempat mendapat perawatan di Puskemas Banturejo sebelum akhirnya meninggal.

Surya dan Rahmatullah merupakan relawan lintas kampus dari Yogyakarta bersama 45 orang lainnya. Rencananya, mereka akan pulang ke Yogyakarta hari ini. "Mereka hari ini berencana pulang," tutupnya.
(ris)
Credibility: UP DOWN 0

Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
17 + 5 =